WISATA ALAM YANG ADA DI SABANG

Mengenal Sabang

Sabang adalah salah satu kota di Aceh, Indonesia. Kota ini berupa kepulauan di seberang utara pulau Sumatra, dengan Pulau Weh sebagai pulau terbesar. Kota Sabang merupakan zona ekonomi bebas Indonesia, ia sering disebut sebagai titik paling utara Indonesia, tepatnya di Pulau Rondo. Pada tahun 2021 jumlah penduduk kota Sabang sebanyak 42.559 jiwa, dengan kepadatan 278 jiwa/km².

1. Pantai Sumur Tiga

Pantai Sumur Tiga
Pantai Sumur Tiga

Rekreasi Sabang ini sebagai pantai cantik yang berada di Gampong Le Meulee, Pulau Weh. Pantai yang berpasir putih ini mempunyai pemandangan alam yang mempesona. Pantai Sumur Tiga diperlengkapi sarana simpatisan, seperti diving dan snorkeling untuk nikmati panorama bawah laut yang cantik. Perjalanan ke Pantai Sumur Tiga bisa dilakukan sekitaran 15 menit dari Kota Sabang. Asal nama Pantai Sumur Tiga ialah kehadiran tiga sumur air tawar disitu. Pasir di Pantai Sumur Tiga benar-benar elok, halus, dan bercahaya. Air lautnya jernih dengan warna biru yang berkilau. Di pantai ini ada situs riwayat warisan periode Jepang berbentuk benteng.

2. Pantai Iboih

Pantai Iboih
Pantai Iboih

Pantai Iboih berada di Kelurahan Iboih, Kecamatan Sukakarya, Sabang. Jejeran kios-kios suvenir, warung minuman dan makanan, persewaan snorkeling dan diving, bar dan restaurant berjajar disekitaran pantai. Untuk pelancong yang ingin bermalam, ada bungalow dan homestay di sejauh jalan yang bersebelahan langsung dengan pantai. Rekreasi Sabang ini mempunyai pemandangan bawah laut yang menakjubkan.

3.Pulau Rubiah

Pulau Rubiah
Pulau Rubiah

Pulau Rubiah bisa diraih memakai perahu dengan seberang dari Pantai Iboih sekitaran 15 menit. Di pulau ini, pengunjung bisa nikmati kejernihan air dengan macam ikan beragam warna di dalamnya. Dalam buku “Lagu Sabang” diterangkan nama ‘Rubiah’ diambil dari wanita namanya Cut Nyak Rubiah yang disemayamkan di pulau ini. Rekreasi Pulau Rubiah sekarang ini sebuah pulau yang tidak memiliki penghuni. Kegiatan yang bisa dilaksanakan di Pulau Rubia mencakup bermain di pantai, snorkeling, sewa berkeliling-keliling pulau, dan perahu. Ada tempat penyewaan snorkeling dan warung yang bisa didatangi untuk pelancong yang haus atau lapar.

4. Tugu Km 0 Indonesia (KNI)

Tugu Km 0 Indonesia (KNI)
Tugu Km 0 Indonesia (KNI)

Tugu Km 0 Indonesia (KNI) dibuat sebagai pertanda titik paling barat daerah NKRI. Berada di Ujong Ba’u, Dusun Iboih, Kecamatan Sukakarya, Sabang. Tinggi tugu KNI sekitaran 22 mtr. dan terdiri dari 2 lantai. Lantai dua berwujud lingkaran dengan beberapa pilar penyangga. Pucuk tugu dihias dua lingkaran yang sama-sama bersilangan sebagai lambang mata angin. Masing-masing sektor lingkaran berhiaskan rencong (senjata tradisionil Aceh) memiliki ukuran besar. Di pucuk persilangan lingkaran ada ornament burung garuda. Dalam tugu KNI ada dua prasasti, yang diberi tanda tangan oleh bekas Wakil Presiden Republik Indonesia, Try Sutrisno, dan Menteri Penelitian dan Tehnologi B.J. Habibie di tahun 1997.

Prasasti pertama berisi keterangan penentuan status geografis Km 0 Indonesia yang diukur beberapa ahli Tubuh Pembahasan dan Implementasi Tehnologi (BPPT) memakai tehnologi global positioning sistem (GPS). Dan prasasti ke-2 menerangkan angka status geografis Km Nol. Kehadiran tugu KNI sebagai icon Kota Sabang yang menarik. Rekreasi Sabang ini dapat juga dipakai sebagai fasilitas pembelajaran. Terletak yang dekat sama laut pas untuk nikmati panorama, khususnya saat matahari terbenam.

 

Posted on